KUNCI KEBERHASILAN SUSU UHT


Perusahaan ini adalah perusahaan susu pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik untuk memproduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Lebih dari 3 dekade, perusahaan ini  mempersembahkan produk berkualitas baik dan alami serta memimpin pasar susu cair segar di Indonesia. Perusahaan ini pun saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.

Produk susu buatan perushaan ini sangat dicintai masyarakat Indonesia. Meski pangsa pasar lokal lebih dominan, tapi susu ini juga menembus pasar internasional yaitu Afrika dan Timur Tengah. Sebanyak 90% total produksi perusahaan ini diserap oleh pelanggan domestik. Sementara 10% sisanya diserap oleh pasar Amerika, Australia, Afrika dan negara-negara lainnya.

Pangsa pasar perusahaan ini sampai saat ini masih menduduki peringkat tertinggi dan menjadi pemimpin dengan produk yang berkualitas tinggi. Tetapi saat ini perusahaan ini harus berbagi dengan para kompetitor lain yang bersaing secara sehat. Sehingga mau tidak mau, perusahaan ini harus melakukan ekspansi produk keluar negeri.


Yang menjadi perbedaan antara cara pemasaran produk susu UHT di Indonesia dan di Luar Negeri adalah cara penyampaian keunggulan dari produk tersebut. Dimana pemasaran produk susu UHT di Luar Negeri menggunakan iklan yang keunggulannya disampaikan secara implisit, sedangkan di Indonesia keunggulan produk tersebut disampaikan secara eksplisit melalui animasi-animasi maupun kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Image result for iklan ultra milkImage result for ultra milk pssiNamun, seiring dengan perkembangan zaman pemasaran produk susu ini mengalami perkembangan dari orientasi domestic dan etnosentris ke global dan geosentris. Bisa dibuktikan dari iklan susu pada tahun 2015 yang mengedepankan suasana pedesaan dengan sapi-sapi unggulannya, sedangkan iklan susu pada tahun 2018 lebih mengedepankan penggunaan teknologi pengolahan susu tersebut. Selain itu subjek pada iklan produk susu tersebut juga terlihat perbedaannya, yaitu iklan pada tahun 2015 menggunakan model iklan ibu dengan anaknya yang dalam hal ini adalah masyarakat biasa (bukan public figure). Tetapi, iklan pada tahun 2018 menggunakan model iklan pemain sepak bola dimana pada tahun tersebut Indonesia sedang mengadakan pesta bola yang melibatkan Negara lain. Sehingga pangsa pasarnya pun tidak hanya terbatas pada masyarakat Indonesia saja. Dan dari segi bahasanya pun terlihat perbedaannya, yaitu iklan pada tahun 2018 menggunakan dua bahasa.

Referensi :

Comments