HEBAT! JAM TANGAN BUATAN ANAK NEGERI MAMPU
BERSAING DENGAN BUATAN DARI NEGERI SAKURA
Abstrak
Tujuan: Tujuan dibuatnya artiket ini untuk
mengetahui bagaimana perbandingan antara jam tangan M dan jam tangan Q.
Teknik: Menggunakan teknik analisis langsung teradap
web jam tangan M dan jam tangan Q.
Sumber Data: Data diambil dari web resmi jam
tangan M dan jam tangan Q, dan Global Marketing.
Metode Ulasan: Metode yang saya pakai untuk
menganalisis artikel ini adalah Traditional Review. Saya menggunakan referensi
dari web resmi jam tangan M dan Q untuk membandingkan produk-produknya.
Hasil: Dari hasil analisis data produk jam
tangan Q lebih banyak variasi model produk, dibandingkan dengan M, dari segi
harga jam tangan Q juga lebih bervariasi dan terjangkau dibandingkan denga M,
sedangkan dari target pasar jam tangan M dan Q sama-sama memiliki pangsa pasar
yang sama.
Kesimpulan: Setelah ditinjau langsung melalui
web, jam tangan M adalah produk asli dari Indonesia serts memiliki ciri khas
Indonesia yang kental dan unik, yang mana itu dapat menguasai pangsa pasar
sedikit lebih besar dibandingkan jam tangan Q.
Sejarah
Jam Tangan M
Lucky Dana Aria Pria kelahiran Bandung, 23
Maret 1986 ini berhasil menciptakan inovasi eco watch atau jam ramah lingkungan
dengan merek Matoa. Lucky berhasil membawa Matoa dikenal dan diminati warga
dunia. Eco watch adalah produk jam ramah lingkungan. Disebut eco watch, karena
Matoa memproduksi jam dengan bahan limbah kayu. Otomatis biaya produksinya jadi
lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan seperti metal atau lainnya. Lucky
memulai usahanya di awal tahun 2012, dengan riset selama 1 tahun sebelumnya. Setelah
selama 1 tahun trial and error, ia pun mulai melakukan sistem pemasaran melalui
website, selanjutnya di tahun 2013 ia mulai memproduksi. Lucky memilih nama
Matoa, selain mudah diucapkan, juga itu merupakan nama pohon yang hanya ada di
Indonesia, tepatnya di Papua. Selama setahun berjalan, 85% pemasaran produk jam
tangan Matoa masih melalui online, baru 15% saja bisa didapat langsung di toko.
Produk Matoa ini sudah go Internasional, salah satunya di Jepang, yang
penjualannya sangat bagus.
Sejarah
Jam Tangan Q
Japan CBM Corporation memasarkan arloji dengan
merk Q&Q pada bulan Oktober tahun 1976 ke pasar dunia. Perusahan ini adalah
salah satu divisi dari group CITIZEN yang bergerak di bidang perencanaan
bisnis, pengembangan serta penjualan dan pemasaran berbagai macam produk dengan
harga yang terjangkau. Sejarah Jam
Tangan Q&Q dimulai dari menjadi subsidiary atau anak perusahaan dari salah
satu brand Jam Tangan terbesar yaitu Citizen. Seperti yang kita ketahui bahwa
Citizen adalah salah satu perusahaan terbaik di Jepang yang telah memiliki
lebih dari 100 tahun pengalaman pada bidang Jam Tangan. Q&Q yang mempunyai
kepanjangan Quest and Quality (Pencarian dan Kualitas) hampir menggunakan semua
produknya dengan mesin MIYOTA Cal. 2035 yang terkenal awet, kuat dan shockproof
dengan tingkat akurasi yang tinggi dan batterai yang tahan lama. Seperti yang
dikutip dari misi Q&Q “Q&Q watches are solid and reliable technology,
with excellent design supported by the world market. The products of Q&Q
adapt the metal movements of Miyota. Its own technology enables long-lasting
battery of 3 years and high precision that the clock accuracy is just +/- 20
seconds a month”. Selain itu juga produk ini mengeluarkan hampir semua
produknya dengan ketahanan air, Water Resist dengan berbagai tingkat
Showerproof, 3 BAR, 5 BAR dan 10 BAR. Setiap produk akan melewati tahap testing
yang ketat dengan ketentuan standar JIS/ISO dan pengujian water resistnya.
PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN JAM
TANGAN M DAN Q
Strategi Pemasaran
|
Jam Tangan M
|
Jam Tangan Q
|
Market
Penetration
|
Jam
tangan M memberikan potongan harga khusus untuk konsumen baru pada saat
pembelian pertama. Dan membagikan katalog terbaru pada setiap pelanggan yang
mencantumkan emailnya, agar selalu menjadi yang pertama mengetahui
produk-produk terbarunya.
|
Jam
tangan Q memiliki katalog online sehingga memudahkan konsumen untuk memilih
melalui website dan setelahnya mencari di store terdekat.
|
Market
Development
|
Memasarkan
produknya di Indonesia, khusus untuk sebagian Negara di Eropa bisa membeli
melalui website amazon, dan untuk yang berada di Amerika, jam tangan ini
sudah ada di salah satu store di California.
|
Memasarkan
produknya di Indonesia dan di lebih dari 120 Negara di Dunia.
|
Product
Development
|
Jika kalian
pengguna smart watch, tidak perlu khawatir karena produsen jam tangan M
menawarkan tali jam yang sudah pasti terbuat dari kayu, untuk menambah kesan
klasik dan mewah pada smart watch kalian.
|
Jam
tangan Q lebih banyak memiliki pilihan produknya sehingga konsumen bisa lebih
mudah memilih jam tangan yang sesuai dengan selera fashion mereka
masing-masing.
|
Diversification
|
Anak
negeri ini tidak kehabisan akal, mereka juga membuat kacamata untuk menunjang
penampilan kalian.
|
jika
sebagian orang mengetahui jam tangan Q hanya menjual jam tangan karet atau
plastik, jam tagan Q ini juga menjual jam tangan yang berbahan dasar
stainless steal.
|
ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN JAM
TANGAN M DAN Q
ELEMEN-ELEMEN BAURAN
PEMASARAN
|
JAM TANGAN M
|
JAM TANGAN Q
|
Produk
|
|
|
Promosi
|
Melalui
social media dan website dan membuka store di pusat perbelanjaan
|
Membuka store di pusat perbelanjaan
|
Lokasi
|
Indonesia, Malaysia, Jepang, Eropa, Amerika
|
Lebih dari 120 Negara, salah satunya Indonesia
|
Harga
|
|
|
Jam Tangan M dan Q
·
Strategi pemasaran dengan
pembeda (differentiated marketing)
Menurut
saya jam tangan Q memasarkan produknya sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen. Pembeda produk dapat di
katagorikan berdasarkan usia, style , kualitas , tingkat keuangan. Dan jam tangan
M dalam segi pemasaran produknya sama seperti jam
tangan Q,hanya saja jam tangan M untuk kalangan tingkat keungan menengah ke atas.
·
Strategi fokus
Menurut
saya strategi yang di pakai jam tangan Q yaitu Untuk melayani
konsumen yang jumlahnya sangat tinggi. Jam tangan Q
selalu memberikan pelayanan yg baik,dan jam tangan Q terus menciptakan inovasi baru untuk para
konsumennya. Dan jam tangan M terus menciptakan inovasi baru dan mempertahankan keunikan yang mereka punya sekarang.
·
Target pasar
Menurut
saya target pasar jam tangan Q yaitu Anak-anak, remaja, dan orang dewasa, yang usianya antara 5-40 tahun. Memiliki style dan tingkat keuangan menengah. Sedangkan jam tangan M biasa digunakan orang dewasa
karena jam tangan ini memiliki karakteristik yang unik dan tidak tahan
air seperti jam yang dibutuhkan remaja, tingkat keuangan menengah ke
atas.
·
Distribusi di Indonesia
Saat ini jam tangan Q banyak dipasarkan di
pusat perbelanjaan dan banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Sedangkan jam
tangan M lebih banyak digunakan para pengguna sosial media karena banyak
digunakan oleh influencer di instagram.
Referensi:
Warren J.Keegan dan Mark C,Green 2015. Global
Marketing, edisi 8, Penerbit Pearson Education, Amerika Serikat.
Jam tangan Q [online]. Available from https://q-watch.jp/eng/about/index.html [Accessed 17 January
2019]
Comments
Post a Comment