HEBAT! JAM TANGAN BUATAN ANAK NEGERI MAMPU BERSAING DENGAN BUATAN DARI NEGERI SAKURA

Abstrak

Tujuan: Tujuan dibuatnya artiket ini untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara jam tangan M dan jam tangan Q.
Teknik: Menggunakan teknik analisis langsung teradap web jam tangan M dan jam tangan Q.
Sumber Data: Data diambil dari web resmi jam tangan M dan jam tangan Q, dan Global Marketing.
Metode Ulasan: Metode yang saya pakai untuk menganalisis artikel ini adalah Traditional Review. Saya menggunakan referensi dari web resmi jam tangan M dan Q untuk membandingkan produk-produknya.
Hasil: Dari hasil analisis data produk jam tangan Q lebih banyak variasi model produk, dibandingkan dengan M, dari segi harga jam tangan Q juga lebih bervariasi dan terjangkau dibandingkan denga M, sedangkan dari target pasar jam tangan M dan Q sama-sama memiliki pangsa pasar yang sama.
Kesimpulan: Setelah ditinjau langsung melalui web, jam tangan M adalah produk asli dari Indonesia serts memiliki ciri khas Indonesia yang kental dan unik, yang mana itu dapat menguasai pangsa pasar sedikit lebih besar dibandingkan jam tangan Q.



Sejarah Jam Tangan M
Lucky Dana Aria Pria kelahiran Bandung, 23 Maret 1986 ini berhasil menciptakan inovasi eco watch atau jam ramah lingkungan dengan merek Matoa. Lucky berhasil membawa Matoa dikenal dan diminati warga dunia. Eco watch adalah produk jam ramah lingkungan. Disebut eco watch, karena Matoa memproduksi jam dengan bahan limbah kayu. Otomatis biaya produksinya jadi lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan seperti metal atau lainnya. Lucky memulai usahanya di awal tahun 2012, dengan riset selama 1 tahun sebelumnya. Setelah selama 1 tahun trial and error, ia pun mulai melakukan sistem pemasaran melalui website, selanjutnya di tahun 2013 ia mulai memproduksi. Lucky memilih nama Matoa, selain mudah diucapkan, juga itu merupakan nama pohon yang hanya ada di Indonesia, tepatnya di Papua. Selama setahun berjalan, 85% pemasaran produk jam tangan Matoa masih melalui online, baru 15% saja bisa didapat langsung di toko. Produk Matoa ini sudah go Internasional, salah satunya di Jepang, yang penjualannya sangat bagus.

Sejarah Jam Tangan Q
Japan CBM Corporation memasarkan arloji dengan merk Q&Q pada bulan Oktober tahun 1976 ke pasar dunia. Perusahan ini adalah salah satu divisi dari group CITIZEN yang bergerak di bidang perencanaan bisnis, pengembangan serta penjualan dan pemasaran berbagai macam produk dengan harga yang terjangkau.  Sejarah Jam Tangan Q&Q dimulai dari menjadi subsidiary atau anak perusahaan dari salah satu brand Jam Tangan terbesar yaitu Citizen. Seperti yang kita ketahui bahwa Citizen adalah salah satu perusahaan terbaik di Jepang yang telah memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman pada bidang Jam Tangan. Q&Q yang mempunyai kepanjangan Quest and Quality (Pencarian dan Kualitas) hampir menggunakan semua produknya dengan mesin MIYOTA Cal. 2035 yang terkenal awet, kuat dan shockproof dengan tingkat akurasi yang tinggi dan batterai yang tahan lama. Seperti yang dikutip dari misi Q&Q “Q&Q watches are solid and reliable technology, with excellent design supported by the world market. The products of Q&Q adapt the metal movements of Miyota. Its own technology enables long-lasting battery of 3 years and high precision that the clock accuracy is just +/- 20 seconds a month”. Selain itu juga produk ini mengeluarkan hampir semua produknya dengan ketahanan air, Water Resist dengan berbagai tingkat Showerproof, 3 BAR, 5 BAR dan 10 BAR. Setiap produk akan melewati tahap testing yang ketat dengan ketentuan standar JIS/ISO dan pengujian water resistnya.


PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN JAM TANGAN M DAN Q
Strategi Pemasaran
Jam Tangan M
Jam Tangan Q
Market Penetration
Jam tangan M memberikan potongan harga khusus untuk konsumen baru pada saat pembelian pertama. Dan membagikan katalog terbaru pada setiap pelanggan yang mencantumkan emailnya, agar selalu menjadi yang pertama mengetahui produk-produk terbarunya.
Jam tangan Q memiliki katalog online sehingga memudahkan konsumen untuk memilih melalui website dan setelahnya mencari di store terdekat.
Market Development
Memasarkan produknya di Indonesia, khusus untuk sebagian Negara di Eropa bisa membeli melalui website amazon, dan untuk yang berada di Amerika, jam tangan ini sudah ada di salah satu store di California.
Memasarkan produknya di Indonesia dan di lebih dari 120 Negara di Dunia.
Product Development
Jika kalian pengguna smart watch, tidak perlu khawatir karena produsen jam tangan M menawarkan tali jam yang sudah pasti terbuat dari kayu, untuk menambah kesan klasik dan mewah pada smart watch kalian.
Jam tangan Q lebih banyak memiliki pilihan produknya sehingga konsumen bisa lebih mudah memilih jam tangan yang sesuai dengan selera fashion mereka masing-masing.
Diversification
Anak negeri ini tidak kehabisan akal, mereka juga membuat kacamata untuk menunjang penampilan kalian.
jika sebagian orang mengetahui jam tangan Q hanya menjual jam tangan karet atau plastik, jam tagan Q ini juga menjual jam tangan yang berbahan dasar stainless steal.

ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN JAM TANGAN M DAN Q
ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN
JAM TANGAN M
JAM TANGAN Q
Produk


Promosi
Melalui social media dan website dan membuka store di pusat perbelanjaan
Membuka store di pusat perbelanjaan
Lokasi
Indonesia, Malaysia, Jepang, Eropa, Amerika
Lebih dari 120 Negara, salah satunya Indonesia
Harga


 Jam Tangan M dan Q

·         Strategi pemasaran dengan pembeda (differentiated marketing)
Menurut saya jam tangan Q memasarkan produknya sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen. Pembeda produk dapat di katagorikan berdasarkan usia, style , kualitas , tingkat keuangan. Dan jam tangan M dalam segi pemasaran produknya sama seperti jam tangan Q,hanya saja jam tangan M untuk kalangan tingkat keungan menengah ke atas.
·         Strategi fokus
Menurut saya strategi yang di pakai jam tangan Q yaitu Untuk melayani konsumen yang jumlahnya sangat tinggi. Jam tangan Q selalu memberikan pelayanan yg baik,dan jam tangan Q terus menciptakan inovasi baru untuk para konsumennya. Dan jam tangan M terus menciptakan inovasi baru dan mempertahankan keunikan yang mereka punya sekarang.
·         Target pasar
Menurut saya target pasar jam tangan Q yaitu Anak-anak, remaja, dan orang dewasa, yang usianya antara 5-40 tahun. Memiliki style dan tingkat keuangan  menengah. Sedangkan jam tangan M biasa digunakan orang dewasa karena jam tangan ini memiliki karakteristik yang unik dan tidak tahan air seperti jam yang dibutuhkan remaja, tingkat keuangan menengah ke atas.
·         Distribusi di Indonesia
Saat ini jam tangan Q banyak dipasarkan di pusat perbelanjaan dan banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Sedangkan jam tangan M lebih banyak digunakan para pengguna sosial media karena banyak digunakan oleh influencer di instagram.



Referensi:
Warren J.Keegan dan Mark C,Green 2015. Global Marketing, edisi 8, Penerbit Pearson Education, Amerika Serikat.
Jam tangan M [online]. Available from https://www.m-indonesia.com [Accessed 17  January 2019]
Jam tangan Q [online]. Available from https://q-watch.jp/eng/about/index.html [Accessed 17 January  2019]

Comments