ETIKA BISNIS
Nama : Zahara
Mutiara Anjani
NPM :
17215377
Kelas : 3EA18
Jelaskan
tentang hal-hal di bawah ini kaitannya dengan penerapan etika bisnis pada
fungsi perusahaan
· Pasar dan perlindungan konsumen
pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual
beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya
bukan tempatnya. Dan perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan
terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh, para penjual diwajibkan
menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada konsumen.
· Etika
iklan
ketentuan-ketentuan
normatif yang menyangkut profesi dan usaha periklanan yang telah disepakati
untuk dihormati, ditaati, dan ditegakkan oleh semua asosiasi dan lembaga
pengembangannya.
· Privasi
konsumen
kepercayaan konsumen mengenai kinerja pihak
lain dalam suatu lingkungan selama transaksi atau konsumsi.
· Multimedia
etika bisnis
Salah
satu cara pemasaran yang efektif adalah melalui multimedia. Bisnis multimedia
berperan penting dalam menyebarkan informasi, karena multimedia is the using of
media variety to fulfill commu¬nications goals.
· Etika
produksi
Dalam proses produksi, subuah produsen pada
hakikatnya tentu akan selalu berusaha untuk menekan biaya produksi dan berusaha
untuk mendapatkan laba sebanyak banyaknya. Dalam upaya produsen untuk
memperoleh keuntungan, pasti mereka akan melakukan banyak hal untuk
memperolehnya. Termasuk mereka bisa melakukan hal hal yang mengancam
keselamataan konsumen. Padahal konsumen dan produsen bekerjasama. Tanpa
konsumen, produsen tidak akan berdaya.
· Pemanfaatan
SDM
Sumber daya manusia (SDM) lebih dimengerti sebagai bagian integral dari
sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian
psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan
organisasi.
Dalam pemanfaatan sumber daya tersebut maka solusinya adalah dengan
melaksanakan :
·
Program pelatihan bagi tenaga
kerja sehingga tenaga kerja memiliki keahlian yang sesuai dengan lapangan yang
tersedia.
·
Pembukaan investasi-investasi
baru.
·
Melakukan program padat karya.
·
Serta memberikan penyuluhan
dan informasi yang cepat mengenai lapangan pekerjaan.
Keberhasilan upaya tersebut diatas, pada akhirnya diharapkan dapat
menciptakan basis dan ketahanan perekonomian rakyat yang kuat dalam menghadapi
persaingan global baik didalam maupun diluar negeri dan pada gilirannya dapat
mempercepat terwujudnya kemandirian bangsa.
· Etika
kerja
Etika
kerja adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh karyawan
perusahaan, termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari.
Perusahaan dengan etika kerja yang baik akan memiliki dan mengamalkan
nilai-nilai, yakni : kejujuran, keterbukaan, loyalitas kepada perusahaan,
konsisten pada keputusan, dedikasi kepada stakeholder, kerja sama yang baik,
disiplin, dan bertanggung jawab.
· Hak-hak
pekerja
1.
Hak dasar pekerja mendapat
perlindungan atas tindakan PHK
2.
Hak khusus untuk pekerja perempuan
3.
Hak dasar mogok
4.
Hak untuk membuat PKB
(Perjanjian Kerja Bersama)
5.
Hak dasar pekerja atas
pembatasan waktu kerja, istirahat, cuti dan libur
6.
Hak pekerja atas perlindungan
upah
7.
Hak pekerja untuk jaminan
sosial dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
8.
Hak pekerja untuk hubungan
kerja
· Hubungan
saling menguntungkan
Prinsip
ini menuntut agar semua pihak berusaha untuk saling mengun¬tungkan satu sama
lain. Dalam dunia bisnis, prinsip ini menuntut persaingan bisnis haruslah bisa
melahirkan
suatu win-win situation.
· Persepakatan
penggunaan dana
Pengelola
perusahaan mau memberikan informasi tentang rencana penggunaan dana sehingga
penyandang dana dapat mempertimbangkan peluang return dan resiko. Rencana
penggunaan dana harus benar-benar transparan, komunikatif dan mudah dipahami.
Semua harus diatur atau ditentukan dalam perjanjian kerja sama penyandang dana
dengan alokator dana.
Comments
Post a Comment